by

Lampung surplus hasil peternakan

Pelaksana tugas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Mawarti mengatakan Provinsi Lampung mengalami surplus di tiga jenis komoditas peternakan.

“Kami mencatat Provinsi Lampung mengalami surplus tiga jenis komoditas peternakan hingga tiga bulan ke depan,” ujar Lili Mawarti saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan, tiga jenis komoditas peternakan tersebut meliputi daging sapi, daging ayam, dan telur.

“Untuk ketersediaan tiga komoditas yang mengalami surplus hingga tiga bulan ke depan meliputi daging sapi dengan jumlah surplus hingga 4.073 ton, daging ayam berjumlah 538 ton, telur berjumlah 2.796 ton,” katanya.

Ia mengatakan, surplus atas tiga jenis komoditas peternakan tersebut akan terus ditingkatkan dengan pelaksanaan sejumlah program.

“Dengan adanya kelebihan stok atas tiga komoditas peternakan tersebut kebutuhan konsumsi masyarakat akan daging dan telur tercukupi hingga tiga bulan mendatang, terlebih lagi telah ada sejumlah program seperti SIKOMANDAN, inseminasi buatan gratis, Asuransi Usaha Ternak dan sejumlah program lain yang mendukung pengembangan sektor peternakan Lampung,” ucapnya.

Menurutnya, dari sejumlah program di sektor peternakan program SIKOMANDAN serta inseminasi buatan telah berjalan, dengan jumlah target 122.650
akseptor telah terealisasi sebesar 149.580, lalu dari target 84.294 ekor kelahiran terealisasi sebesar 69.299 ekor dan Pemeriksaan Kebuntingan dari target 85,160 ekor terealisasi sebanyak 90,079 ekor. (ANTR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU