by

Kadis Dikbud Mesuji mengadakan MGMP Tingkat SMP Guna Peningkatan Kualitas Guru.

-PENDIDIKAN-1,165 views
Mesuji,ForRakyat,co.id –  Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Mesuji mengggelar musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Kegiatan yang diihadiri oleh guru mata pelajaran dari seluruh sekolah tingkat menengah, digelar di gedung SMPN 14 Mesuji, Selasa (8/12/2020)
Kegiatan juga dibuka langsung oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Mesuji Drs. Nawawi Matni.
Turut hadir dalam acara Kabid PMPTK Fitriya sari SSi, Kasi Tendik Qonita kamaliyyah SH.i , ,kepala sekolah SMPN 14 Mesuji Prima Warisandi Spd ketua MGMP dan semua guru mata pelajaran se-kabupaten Mesuji.
PLT Dinas pendidikan kabupaten Mesuji Drs Nawawi Matni dalam sambutannya mengatakan bahwa diadakannya MGMP ini adalah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan untuk tingkat SMP di kabupaten Mesuji sekaligus dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar bagi para guru mata pelajaran (Mapel).
Dikatakan nya, Guru yang profesional dituntut memiliki komitmen pada siswa dan proses belajar, bertanggung jawab memantau hasil belajar, mampu berpikir sistematis tentang apa yang dilakukan, dan merupakan bagian masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya.
” Seorang guru tugas utama nya adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, malatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, Guru sebagai tenaga pendidikan secara substantif memegang peranan tidak hanya melakukan pengajaran atau menstranfer ilmu pengetahuan (kognitif) tetapi juga dituntut untuk mampu memberikan bimbingan dan pelatihan pelatihan kepada muridnya” kata Nawawi Matni dalam membawakan kata sambutan.
Sementara itu Fitriya sari,S si selaku Kabid MMPTK juga mengatakan bahwa kegiatan MGMP ini didanai dari dana APBD kabupaten Mesuji adapun salah satunya poin utamanya adalah untuk saling Silaturahmi dan bertukar ilmu antara guru mata pelajaran.
“Melalui MGMP ini manfaatnya sangat banyak disini terkait ilmu di masing masing papel atau pun informasi kependidikan bisa di sampaikan ataupun ada yang mau bertanya terkait informasi lainnya bisa langsung ditanyakan” kata Fitri
Dikatakan nya mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir kegiatan MGMP di kabupaten Mesuji ini tetap menerapkan protokol kesehatan, Jadi MGMP ini penyelenggaraan nya tidak di lakukan sekaligus tetapi di pisah.
“Kegiatan MGMP ini ada 7 mata pelajaran di lakukan di 3 tempat dan diwaktu yang berbeda, kemaren MGMP digelar di SMPN 17 dan SMPN 11 dan sekarang ini di SMPN 14 Mesuji untuk mapel agama dan matematika, semua dilakukan agar jangan ada klaster baru Covid 19 dari kegiatan seperti ini,” ujar Fitriya (4D3N

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.