by

Pemerintah Kabupaten Mesuji Dukung 12 Desa Lakukan Program ODF

Mesuji,Forrakyat,co.id--Pemerintah Kabupaten Mesuji melaksanakan penandatanganan komitmen bersama desa untuk percepatan program Open Defecation Free (ODF) guna wujudkan hidup sehat dilingkungan masyarakat. Kamis 3 Juni 2021.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Dalam sambutannya, Bupati Mesuji Saply TH mengatakan bahwa pemerintah mendukung penuh program 12 Desa perairan yang melakukan program ODF. Hal ini, guna meningkatkan perilaku hidup sehat.

“Apalagi ini program Nasional, untuk membiasakan masyarakat berperilaku hidup bersih dalam upaya pencegahan penyakit, ODF atau yang sering di sebut dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS). Saya berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, harus benar – benar terlaksana demi terwujudnya hidup sehat untuk masyarakat kabupaten Mesuji,” ucapnya

Pada kesempatan yang sama, mewakili Kadis Kesehatan Kabupaten Mesuji, Plt. Kabid Kesehatan Masyarakat Riza Marroska, SKM.,MM. mengatakan “ODF atau stop buang air besar sembarangan merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan daerah. Salah satu tujuannya, untuk membiasakan masyarakat berperilaku hidup bersih dalam upaya pencegahan penyakit. Masyarakat sendiri merupakan fondasi paling utama dari pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, untuk memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Karena upaya pendekatan promotif dan preventif secara berkesinambungan lebih efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan dewasa ini.”

“Kita berharap kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, namun harus diiringi dengan kerja keras bersama secara berkesinambungan demi terwujudnya Kabupaten Mesuji menjadi Kabupaten ODF secara 100% di seluruh Desa,” harapnya.(Has)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.