by

Kabupaten Waykanan Menyusul Resmikan Peluncuran Kartu Petani Berjaya

-EKONOMI-480 views

WAYKANAN,ForRakyat.co.id-Kartu petani berjaya,(KPB) Resmi Diluncurkan di Waykanan, yang berlangsung di kecamatan Buay Bahuga kabupaten way kanan.(21/10/2020)yang lalu.

Pejabat sementara,(PJ) Bupati way kanan Ir.mulyadi Irsan yang langsung menghadiri dan menyambut kedatangan anggota DPR RI saat peluncuran (KPB) di kecamatan Buay Bahuga.turut hadir dalam acara tersebut,Rektor Universitas Bandar Lampung, Direksi PT. Bank Lampung, BNI, Bank Mandiri dan BRI, Jajaran Produsen Pupuk PT. Pusri dan Petrokimia Gresik Provinsi Lampung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos., M.IP.

(PJ) Mulyadi Irsan berharap kepada dinas terkait, Camat, Kepala UPT dan PPL ikut mendukung dan membantu program ini dan di Tahun mendatang bisa bertambah di Kecamatan-kecamatan yang lain. hampir 80% penduduk Waykanan bermata pencaharian di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.ujar Ir.mulyadi Irsan.

Kepada pihak yang berkaitan dengan program Kartu Petani Berjaya di Kabupaten Waykanan dapat membantu terlaksananya program ini dan saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan dinas terkait dalam program ini berikutnya

kepada para kelompok tani yang melaksanakan program kartu petani berjaya (KPB dapat berkoordinasi dengan Dinas terkait dalam pelaksanaannya sehingga dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan demi kemajuan bersama.kata ir.mulyadi Irisan

Kecamatan Bahuga dan Buay Bahuga adalah kecamatan yang akan menjadi uji coba program Kartu Petani Berjaya di Kabupaten Waykanan, hal ini sebagai langkah lanjutan setelah program penebusan pupuk bersubsidi melalui billing system yang berhasil dilaksanakan di kecamatan tersebut.

Adapun Data peserta Kartu Petani Berjaya yang diusulkan di Kecamatan Buay Bahuga terdiri dari 4 kampung, 67 kelompok tani, 1.689 petani, luas lahan 1.325 hektar dengan komoditas padi. Kecamatan Bahuga terdiri dari 3 kampung, 40 kelompok tani, 902 petani, luas lahan 700 hektar dengan komoditas padi.

Jumlah yang telah diusulkan adalah 107 kelompok tani, 2.591 petani, dengan luas lahan 2.025 hektar. Percobaan kartu petani berjaya (KPB) di Kabupaten Waykanan dilaksanakan dalam membentuk komunitas petani dalam satu Corporate Farming dan Integrated Farming.

Dalam kesempatan itu pula, Pjs Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny. Drg. Hellen Veranica Mulyadi melakukan penyerahan Klaim AUTP sebesar Rp 892.950.000 per 148,83 Ha Periode Januari sampai dengan September 2020 atas nama Sayuno Poktan Sri Harjo 2 untuk Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau, Klaim AUTP sebesar Rp 56.500.000 Periode Januari sampai dengan September 2020 atas nama Wayan Poktan Puji Rahayu, Bantuan Alsintan pasca panen 2020 berupa Combine Harvester 8 Unit sebesar Rp 1.148.045.000, Corn Sheller 7 Unit sebesar Rp 169.180.000 dan Power Thresher 7 Unit sebesar Rp 231.995.000 serta KUR BRI sebesar Rp 200 juta atas nama Junaidi Kecamatan Blambangan Umpu.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.