by

Desa Tebing Karya Mandiri Telah Realisasikan DD 2021 Bangun Gorong-Gorong Plat Beton

Mesuji,ForRakyat.co.id–Pemerintah desa Tebing Karya Mandiri (TKM) Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, merealisasikan pembangunan desa dengan menggunakan dana desa tahun 2021. Dengan membangun enam titik gorong-gorong plat beton dan satu titiknya lagi dari silpa DD tahun lalu. Sehingga total gorong-gorong yang dibangun sebanyak tujuh titik.

Gorong-gorong tersebut terletak di RT.01/RW.01, satu titik dengan nilai Rp.36.023.000. Kemudian terletak di RT.01/RW.01 satu titik dengan nilai Rp.36.023.000. Lalu, terletak di RT.03/RW.02 sebanyak dua titik dengan nilai Rp.71.546.000. Selanjutnya, terletak di dusun 04.​sebanyak tiga titik dengan nilai Rp.92.032.800. Setiap masing-masing gorong-gorong memiliki ukuran 6 m x 1,3 m x 1,5 m x 0,15 m.


Sekdes Suganda, saat dihubungi via telepon mengatakan bahwa desanya telah merealisasikan pembangunan gorong-gorong plat beton dengan menggunakan dana DD tahun 2021 dan untuk pengerjaanya dilakukan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Kami bersama Kades Badrul Ali sudah merealisasikan pembangunan gorong-gorong plat beton sebanyak tujuh titik, untuk perkerjaanya sudah rampung 100%, dan ada lagi pembangunan fisik kami lainya seperti rabat beton lanjutan dan penimbunan subase masih dalam proses pengerjaan,” ungkap Suganda.

“Saya berharap kepada masyarakat desa Tebing Karya Mandiri agar bisa menjaga pasilitas bangunan yang telah kita bangun agar bisa awet sampai di anak cucu kita kelaknya nanti,” harapnya.

Ia pun menjelaskan untuk bidang pembangunan FISIK di tahap 2 ini ada pengurangan yaitu pembangunan jalan rabat beton di RT 05 karena adanya penambahan KPM BLT DD dari Jumlah 40 KPM menjadi 103 KPM yang akan disalurkan ditahap 3. Jadi, sementara untuk pembangunan baru sebatas pengadaan material diantaranya batu subbase di jalan desa. Dan untuk pelaksanaan kegiatan fisik lainnya akan berkoordinasi dengan kades terpilih setelah dilantik. Karena PLH kades saat ini masih di jabat oleh Kasi Pemerintahan yaitu saudara Dwi Jefriliatin yang mana kewenangan PLH sangat terbatas jadi belum berani mengambil kebijakan lebih jauh.

“Untuk usulan penyaluran DD dan ADD akan diupayakan akhir bulan ini mudah-mudahan bisa pengajuan agar tidak menghambat proses pembangunan dan kegiatan lainnya,”tutupnya.(Has/Pub)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.