by

Komunitas Odapus Lampung Sosialisasi Tentang Lupus di SMA Negeri 14 Bandar Lampung

ForRakyat.co,Lamteng–Komunitas Odapus Lampung (KOL) melakukan sosialisasi tentang Lupus di SMA Negeri 14 Bandar Lampung pada Rabu (9/5).

Sosialisasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan KOL Goes to School dalam rangka pekan Hari Lupus Sedunia yang diperingati setiap Tanggal 10 Mei setiap tahun.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, jajaran guru dan siswa siswi kelas 11 SMAN 14 Bandar Lampung.

Ketua Komunitas Odapus Lampung (KOL),Merli Susanti menyampaikan, sosialisasi tentang Lupus yang mencakup gejala lupus, siapa saja yang beresiko terdiagnosa lupus, cara deteksi dini Lupus dan bagaimana hidup berdampingan dengan Lupus.

Para peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi tentang penyakit yang sebagian besar penyintasnya adalah perempuan ini.

“Ini rangkaian awal dari KOL Goes to School. Sebagai upaya kami dalam mengkampanyekan tentang penyakit Lupus. Kedepannya kami akan berupaya untuk melanjutkan program ini ke sekolah-sekolah lain. Mengingat, Lupus biasanya menyerang wanita dalam usia aktif. Sehingga penting untuk kita bisa mendeteksi Lupus sedini mungkin,” Jelas Santi (sapaan akrab Merli Susanti).

Lupus atau Systemic Lupus Eriteumatosus adalah jenis penyakit autoimun, dimana kekebalan tubuh yang dimiliki seseorang yang seharusnya berfungsi melindungi dirinya justru berbalik menyerang tubuh, sehingga bisa menimbulkan komplikasi pada beberapa bagian tubuh.
KOL sendiri telah terbentuk sejak Tahun 2017, dan sampai saat ini beranggotakan lebih dari 200 orang yang terdiri dari para Orang dengan Lupus (Odapus) dari seluruh Lampung dan beberapa pendamping Odapus.

“Kami berharap dengan kami terus mengkampanyekan Lupus, akan semakin banyak yang mengetahui dan menyadari lebih awal tentang gejala Lupus. Meski tidak dapat diobati, tapi treatmen akan lebih mudah jika diketahui sejak dini, ” Pungkas Santi.

“Menyambut Hari Lupus Sedunia 2023, mari bersama Make Lupus Visible, sehingga kita bisa menambah kualitas hidup kita menjadi lebih baik lagi, ” Tutupnya.(febir)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.