by

Bupati Dewi Handajani Membuka Langsung Pembinaan Manasik Haji Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus

ForRakyat.co,Kotaagung — Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Sekaligus Membuka Langsung Pembinaan Manasik Haji Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Tahun 1444 H 2023 M Dengan Tema ” Haji Ramah Lansia “. Di Islamik Center Kotaagung. Rabu 10/5/2023.

Hadir juga dalam kegiatan, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Lampung di wakili oleh Analis Kebijakan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Akhor Wiwit Sudiono, Ka. Kemenag Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmudin Aris Rayusman dan seluruh jajaran kemenang kabupaten tanggamus, Forkopimda Kabupaten Tanggamus yang di wakili Dandim 0424/Tanggamus Danramil Kotaagung Kapten Julian Abri, Hadir juga dari jajaran pemerintah kabupaten tanggamus Asiten III Jonsen Vanesa, Kepala OPD, Kabag kesra, Camat Kotaagung, Rois Syariah PBNU juga Ketua MUI Tanggamus KH.A. Wahid Zamas, Ketua KUA Se-kabupaten tanggamus, Tokoh Agama dan Para Petugas Klotar, Para Calon Haji, Insan Pers, Tamu Undangan, Kepala Kantor Kemenag Kab.Tanggamus Priode 2014-2016 Dr. H. Bukhori, Tim Pemandu Haji Indonesia Dr, Sundusiah, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia Muflih, Tim Kesehatan M. Winarto, TPHD Kh. Wahid Zamas dan H. Agus Suparno.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutan nya, Saya atas nama pimpinan pemerintah daerah, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pembinaan manasik haji tahun ini, yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus. Semoga selama pelaksanaan 2 (dua) hari ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar, serta bermanfaat bagi para peserta manasik.

Seperti kita ketahui, pelaksanaan kegiatan Manasik Haji ini diikuti 545 orang termasuk cadangan, bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada jama’ah calon haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar, sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

Harapan Bupati, Melalui manasik, para calon jama’ah haji akan mendapatkan pembekalan tentang tata laksana aji, oleh karenanya kepada calon peserta Saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik.

Manasik Haji ini merupakan gladi resik atas pelaksanaan haji ditanah suci, Adapun materi-materi yang akan diberikan kepada para jamaah calon haji yaitu, Kebijakan Pemerintah RI tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, Kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, Kebijakan Pemerintah terhadap Jamaah Haji Lansia, Kebijakan Pemerintah tentang Pelayanan Kesehatan Haji, Alur perjalanan ibadah haji.

Lanjut Bupati, Pada kesempatan ini juga, kami mengucapkan Selamat kepada seluruh Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanggamus yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan Ibadah Haji tahun ini. Bapak dan ibu yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak di antara saudara-saudara kita yang belum mendapat kesempatan dan menunda keberangkatannya karena berbagai hal.

Oleh karenanya, kepada semua peserta manasik, agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, dengan demikian para jama’ah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna, ” Tutup Bupati.”

Kepala Kemenag Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmudin Aris Rayusman dalam penyampaian nya, Kegiatan Manasik Haji hari ini di mulai tanggal 10 sampai 11, kegiatan nya 2 hari di kabupaten dan 8 kali di kecamatan, untuk di kecamatan di gabung karna jumlah jamaah haji kita cuma 545 pertanggal 5 mei dan nanti sampe tanggal 12 mei ada juga penambahan tapi belum tau berapa pemambahan nya, tapi sampe yang terahir yaitu 545. Untuk yang bisa di berangkatkan 496 sementara ini yang sudah melunasi.

Harapan nya dengan diadakan nya Pembinaan Manasik Haji Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Tahun 1444 H 2023 M ini, Sesuwai dengan Tema ” Haji Ramah Lansia “, Mudah mudahan Lansia kita di kabupaten tanggamus ini berangkat dan pulang dalam menunaikan ibadah haji nya dengan selamat sesuwai apa yang kita semua harapkan. (bowo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.