by

Kemitraan Budidaya Singkong Melalui Program CSV Pertama Kali Launching di Kabupaten Mesuji

ForRakyat.co.id, Mesuji- Pemerintah Kabupaten Mesuji bersama PT. Umas Jaya Agrotama Launching Cassava Partnership program kerjasama budidaya singkong dengan masyarakat bertempat di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang. Kamis (8/06/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dirjen PPKT Kemendes PDT Danton Ginting Munthe, Penjabat Bupati Mesuji yang di Wakili oleh Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Mesuji Najmul Fikri, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mesuji Anwar Pamuji, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Mesuji Abu Rosid Istomi, Perwakilan PT. Umas Jaya Agrotama, Camat Way Serdang, Kepala Desa Sekecamatan Way Serdang dan Tamu Undangan.

Dalam sambutannya yang di wakili oleh Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos., Pj. Bupati Mesuji Drs. Sulpakar, M.M. menyampaikan dan menjelaskan tentang keunggulan Program Kemitraan tersebut.

“Sebelumnya program ini adalah program kemitraan terkait pengembangan pisang cavendish. Namun, setelah melakukan kajian mendalam tentang kondisi tanah, faktor air, dan cuaca Kami akan menggantikan dengan budidaya singkong,” ucap Syamsudin.

“Kedepannya masyarakat dapat mengikuti program kemitraan ini agar kesejahteraan juga dapat dirasakan oleh masyarakat sendiri, untuk awal dimulainya program ini akan dilaksanakan tahap pertama sebanyak 4,24 hektar,” lanjutnya.

Ir. Danton Ginting Munthe. M.M selaku Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan kawasan transmigrasi  kementerian Pedesaan dan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) menjelaskan bahwa Partnership dan CSV merupakan program kemitraan budidaya singkong yang pertama kalinya di Indonesia, baru pertama kali di Mesuji.

“Harapannya kemitraan ini hadir sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap masyarakat dalam bentuk investasi di daerah transmigrasi,” lanjutnya.

“Program ini memberikan kepastian harga kepada petani, petani mitra akan mendapat prioritas, Memberikan kepastian pasar, Prioritas terhadap kepastian pupuk bagi mitra dan. Segala sesuatu yang dapat meningkatkan produktivitas petani singkong,” tutupnya.

Jaka Salah Seorang warga berharap program ini memberikan Manfaat kepada para petani yang ada di Kabupaten Mesuji. Khususnya para petani Singkong seperti sistem kemitraan yang dibuat melalui Koperasi, yang dilakukan oleh PT. Sumber Indah Perkasa (SIP) dalam kemitraan tanaman Kelapa Sawit dengan para petani.(Has)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.