by

Ini Empat Pesan Penting Kapolres Tulangbawang Tentang ‘Harkamtibmas’

-KABAR AKTUAL-170 views

ForRakyat.co.id, Tulangbawang– Keamanan merupakan kebutuhan kita bersama, yang tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab Polri saja. Namun peran serta masyarakat dalam hal ini pengamanan swakarsa melalui satuan keamanan lingkungan (Sat Kamling) sangatlah diperlukan.

“Sat Kamling ini memiliki tugas untuk menciptakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) khususnya di lingkungan sekitar tempat tinggal dan Kabupaten Tulang Bawang secara umum,” kata Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK saat memimpin langsung Apel Sat Kamling, hari Rabu (21/06/2023), pukul 08.30 WIB, di lapangan Mapolres Tulang Bawang, Polda Lampung.

Lanjutnya, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pada Pasal 3 ayat 1 huruf C, bahwa tugas Polri dibantu oleh pengamanan swakarsa, dan tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 Bab III tentang Sat Kamling, menyebutkan bahwa Sat Kamling bertugas membantu Polri dalam menyelenggarakan pembinaan keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

“Sat Kamling ini merupakan lini terkecil satuan keamanan di lingkungannya. Namun memiliki peranan yang sangat besar dalam membantu Polri dalam menciptakan harkamtibmas. Untuk itu Sat Kamling perlu kita lestarikan, kita makmurkan dengan cara menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dan menjadikan keamanan adalah nafas kita yang tidak boleh terhenti sedetik pun,” papar perwira dengan melati dua dipundaknya.

Kapolres menerangkan, ada empat pesan yang disampaikan secara khusus kepada para peserta Apel Sat Kamling.

Pertama, tingkatkan iman dan taqwa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Kedua, jaga kekompakan dan kebersamaan yang baik di lingkungannya.

Ketiga, selalu siap siaga dan waspada dalam mengantisipasi segala tindak kejahatan yang terjadi di lingkungannya.

Keempat, selalu berkoordinasi dengan Polri setempat / Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugasnya.

“Pemilihan Umum (Pemilu) serentak sudah semakin dekat, tahapannya sudah mulai berjalan. Saya meminta kepada saudara-saudara sekalian agar bisa menahan diri untuk tidak terjerumus dalam pelanggaran yang berkaitan dengan Pemilu,” terang Alumni Akpol 2001.

AKBP Jibrael berharap, semoga Pemilu serentak di Kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur dan secara nasional nantinya dapat berjalan dengan lancar, serta kamtibmas bisa terwujud dengan baik. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.