by

Tersusunnya Rancangan Awal RKPD Tahun 2023, Pemda Mesuji gelar Forum Konsultasi Publik

-OTONOMI-550 views

Mesuji,ForRakyat,co.id-Forum Konsultasi Publik merupakan bentuk tidaklanjut dari tersusunnya Rancangan Awal RKPD Tahun 2023. Sebagai bagian dari proses perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Mesuji, Pemerintah Kabupaten Mesuji gelar acara Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Mesuji Tahun 2023. Selasa, 22 Maret 2022.

Turut hadir Bupati Mesuji H Saply TH yang diwakili oleh PLH sekda Agus Harianto, ketua DPRD kabupaten Mesuji Hj.Elfianah Khamamik, kepala BPS Zulkifli, Kepala Bappelitbangda Aburosid istomi yang diwakili oleh Arif Dwi Yulianto,
Acara tersebut juga diikuti oleh beberapa kepala OPD kabupaten Mesuji seperti kepala dinas keuangan, kepala dinas perhubungan, kepala dinas pertanian, kepala dinas sosial, kepala dinas damkar serta Camat se-kabupaten Mesuji dan juga ketua MUI, ketua karang taruna, ketua NU, ketua Adat Marga Mesuji, Ketua PWI, Ketua IWO serta ketua PWRI kabupaten Mesuji.

Forum Konsultasi Publik ini merupakan Agenda Tahunan dalam menjalankan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan dan Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Pada aturan tersebut yaitu pasal 80 ayat 1 termaktub bahwa Rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Dalam sambutannya Bupati Mesuji Saply TH yang dibacakan oleh PLH Sekda Agus Haryanto menyampaikan tujuan dari acara ini adalah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap sasaran dan prioritas Pembangunan Kabupaten Mesuji.

“Forum Konsultasi Publik mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Daerah selama satu tahun kedepan,”ucapnya.

“Saya berharap pada tahun 2023 mendatang Perencanaan Pembangunan yang dirancang dapat terarah serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi secara tepat dan strategisdan dilakukan secara profesional dan penuh tanggung jawab sehingga dapat menghasilkan perencanaan yang berkualitas, lebih produktif serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Mesuji,”harapnya.(Has)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.