by

Pemkab Tubaba Menggelar Rakor SATGAS KARHUTLA

-OTONOMI-89 views

TUBABA,FORRAKYAT.CO.ID– Demi mewaspadai dan juga mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA), Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar Rapat Koordinasi Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (SATGAS KARHUTLA), bertempat di Ruang Rapat Bupati Kabupaten setempat. Rabu (25/10/2023).

Seperti diketahui bersama, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa El-Nino akan terus bertahan hingga bulan Februari 2024. Kekeringan yang cukup ekstrim saat ini tentunya menimbulkan potensi bahaya kebakaran baik dikawasan hutan maupun perkebunan dan atau pertanian di wilayah Tubaba.

Dalam Sambutannya, Pj Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si menghimbau seluruh komponen terkait hingga masyarakat agar terus bersinergi demi efektifnya antisipasi Karhutla di Tubaba.

“Sinergi dari berbagai elemen menjadi faktor penting dalam antisipasi hingga pengendalian Karhutla. Patroli rutin harus selalu dilaksanakan agar dapat memetakan dan mendeteksi secara dini potensi Karhutla di wilayah masing-masing”, Ucap Firsada.

Diketahui bersama Karhutla tidak hanya menyebabkan kerugian materil, moril, bahkan korban jiwa, juga dapat berdampak pada kerugian lingkungan yang memakan waktu lama untuk memulihkan seperti keadaaan semula.

Selalu laksanakan kegiatan sosialisasi, peringatan dan pemberian literasi kepada masyarakat tentang mekanisme pencegahan dan pengendalian Karhutla sebagai langkah untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan”, tutupnya.

Rakor tersebut juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Tubaba, Kepala Kantor Stasiun Meteorologi Raden Intan II Lampung Selatan, Koordinator Unit Siada SAR Tulang Bawang, Kepala Baznas Tubaba dan Kepala OPD setempat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.