by

Tingkatkan Kapasitas, Pj.Ketua dan TP-PKK se-Tubaba kunjungi Desa Terbersih di Dunia

-PENDIDIKAN-92 views

Tubaba,ForRakyat.co.id- Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tiyuh (Desa) se Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas pengetahuan, wawasan, kemampuan dan peran serta PKK untuk kemajuan tiyuh di Tubaba.

Kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi Bali pada 28 November 2023 sampai 1 Desember 2023, difasilitasi oleh Laskar Wisata yang bekerjasama tiyuh-tiyuh se Kabupaten Tubaba, yang diikuti sebanyak 78 tiyuh dari 100 tiyuh di Tubaba.

Kegiatan yang juga dihari oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Tubaba, Dra.Hanita Farial Firsada, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs.Bayana,M.Si, Kepala Dinas PMT, Sofyan Nur, S.Sos,M.IP, dan sejumlah Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, di buka resmi dengan kegiatan Diskusi di Ballroom hotel PrimeBiz Bali, pada Kamis (29/11/2023)

Dikatakan Pj Ketua TP-PKK Tubaba Dra.Hanita Firsada, bahwa Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Tim Penggerak PKK se Tubaba untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, kemampuan dan peran serta PKK dalam mendukung kinerja pemerintahan tiyuh melalui gerakan PKK.

“Kujungan ke Desa Penglipuran Dan Tenun Ikat di Bali untuk mengatur Menejemen Konsep UMKM yang berada di Tiyuh Tubaba. Saya berharap, TP PKK Tubaba bisa membawa nama baik dan memberikan kesan yang baik selama kegiatan” kata Pj Ketua TP-PKK Tubaba

Menurut Hanita Firsada, PKK sebagai wadah kegiatan wanita yang mempunyai peran penting dalam membantu keberhasilan program pemerintahan ditingkat tiyuh khususnya di Tubaba.

“Pentingnya PKK memiliki wawasan, pengetahuan dan peran Tim Penggerak PKK di tiyuh-tiyuh, menjadi kunci utama kebersamaan untuk keberhasilan membangun tiyuh di Tubaba.”kata Hanita.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh (DPMT) Tubaba, mengatakan bahwa kegiatan tersebut salah satu bentuk penguatan silaturahmi dan edukasi dalam membuka wawasan yang luas bagi ibuw PKK tiyuh-tiyuh di Tubaba.

“Kegiatan Peningkatan Kapasitas Ibu-Ibu TP PKK, melaksanakan kunjungan ke Desa Penglipuran yang Dinobatkan sebagai Desa Terbersih di Dunia, dan Pengrajin Tenun Ikat di Bali, agar nantinya Ibu-Ibu TP PKK Tubaba bisa menerapkan hasil dari kunjungan tersebut di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ,” kata Sofyan Nur, meberikan sambutan Diskusi di Meeting Room Hotel Prime Biz Kuta Bali (29/11/2023).

Ia menambahkan, TP PKK Tubaba bisa mengaplikasikan untuk menunjang perekonomian Tiyuh berada di Tubaba.

“Apapun hasilnya kita berharap pertubuhan ekonomi di tiyuh bisa meningkatkan agar nantinya bisa menjadi objek tujuan wisata di Tubaba” Paparnya.

Sementara itu Direktur Tri Laskar Wisata, Hi.Tri Rahmansyah, M.Pd selaku penyedia layanan kegiatan menyampaikan beberapa agenda penting selama kegiatan berlangsung.

“Atas kepercayaan tiyuh-tiyuh yang menjadi peserta, saya selaku Direktur Laskar Wisata, melaksanakan dan memberikan layanan jasa dan edukasi yang terbaik bagi seluruh peserta kegiatan. Kami menggunakan jalur darat dan udara dengan kamampuan yang terbaik.” kata Rahman

Menurutnya, beberapa pusat kunjungan yang dilakukan selama di Provinsi Bali yaitu mengunjungi dan mendapatkan edukasi pengelolaan Desa Panglipuran sebagai Desa terbersih di dunia dan edukasi dari pusat pertenunan Putri Ayu.

“Kami berharap peserta mendapatkan pengalaman yang baik, dan membuka wawasan yang luas, telah mengamati hal-hal yang dapat bermanfaat untuk kemajuan di tiyuh-tiyuh di Tubaba.” pungkasnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.