by

Tim Media Temukan Kejanggalan pada Pengerjaan Pemasangan Tiang dan Kabel PT.Telkom

-KABAR AKTUAL-153 views

ForRakyat.co,Tulangbawang–Dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi sebagai sosial kontrol, terhadap setiap informasi yang masuk kepada publik, Tim Media turun ke Kampung Wono Agung Kecamatan Rawa Jitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang. Jumat (03/03/2023).

Tempatnya pada saat Tim Media melintasi jalan yang menghubungkan Kampung Wono Agung Kecamatan Rawa jitu Selatan, dan Desa Panggung Jaya Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji, maka langsung  terlihat oleh tim, kejanggalan tentang  pengerjaan pemasangan tiang kabel di sepanjang jalan tersebut. Disaat itu tenaga kerjanya masih mengecor tiang yang sudah terpasang. Terlintas di mata, terlihat terdapat kejanggalan pada pengerjaan tersebut. Seperti adukanya yang kurang semen, Kami menduga tidak sesuai dengan spesifikasi. Terlihat juga, baru saja terpasang cor tiangnya sudah ada yang rontok.

Disaat itu juga, Kami meminta waktu untuk memberi keterangan kepada Kami terkait pengerjaan tersebut dengan salah satu anggota tenaga kerja. Kami menemui Ariyanto, yang ditugaskan sebagai pengawas atau kepala perkerjaan. Ia mengatakan pengerjaan tersebut diperuntukkan untuk pemasangan WiFi.

Tim media pun mempertanyakan tentang surat tugas dan izin dari kampung atau desa yang terkait dalam pemasangan tiang kabel Telkom tersebut. Ariyanto dengan terkesan tergesa-gesa membuka tasnya menunjukkan surat tugas kepada Kami. Mirisnya, semua surat tugas yang ditunjukan kepada Kami sudah habis masa berlakunya terhitung dari tanggal 17 Februari sampai dengan 2 Maret 2023. Sedangkan Kami temukan pengerjaan tersebut pada tanggal 3-4 Maret 2023 masih berjalan.

Masing masing surat tugas itu juga hanya terdapat dua surat yang diketahui kepala kampung atau kepala desa. Yakni Kepala kampung Wono Agung dan Kepala Desa Bandar Anom dan yang lain tidak ada yang mengetahui.

Kami menyayangkan pihak PT. Telkom yang memberikan mandat tugas atau izin pengerjaan tidak meninjau ulang surat-surat tersebut yang sudah habis masa berlakunya. Jadi, Kami beranggapan pengerjaan ini sudah tidak berizin lagi, dugaan ilegal.

Saat dimintai tangapan tentang temuan temuan Kami ini, Ariyanto mengatakan belum bisa menjawab. Ia, akan menghubungi dulu atasannya dan apa yang disampaikan atasannya akan diberitahukan kepada Kami kira-kira jam 17.00 WIB.

Waw…anehnya! Bukannya mendapatkan informasi, tapi mengejutkan salah satu tim Kami atas nama Helmi dari Media Menara Today.com mendapatkan telepon dari oknum anggota sabara polres tulang bawang sekitar jam 18.51 WIB pada hari Jumat tanggal 03 Maret 2023.

Oknum anggota tersebut (YD) mengaku saudara dari atasan pengelola perkerjaan tesebut yang mengatasnamakan Juanda. Lantas sdr Helmi meminta nomor telepon Juanda agar dapat menghubungi langsung. Namun, tidak diberikan oleh oknum tersebut.

Melalui telepon, oknum anggota sabara tersebut mengatakan “Begini bang, pada intinya Saya meminta tolong jangan dihalang-halangi pengerjaannya mereka. Dia (Juanda) masih saudara Saya. Nanti kalau sudah selesai ada administrasinya buat beli-beli rokok. dan juga Saya sampaikan tolonglah dipikirin kawan kawan di lapangan,”

“Kami tidak ada unsur menghalang-halangi, sebenarnya Kami dari media hanya meminta konfirmasi agar berita yang akan Kami terbitkan sesuai dengan apa yang kami lihat serta apa yang disampaikan narasumber,” jawab Helmi via telepon.

Sudah jelas temuan Kami Media (team) terkait pengerjaan pemasang tiang dan kabel Telkom ini terindikasi dugaan ada yang di tutup-tutupi tidak terbuka kepada Kami sebagai insan pers (wartawan).

Karena tercantum didalam surat tugas yang di keluarkan PT.Telkom Indonesia.tbk Atas nama Jonggi Seregar jabatan sebagai MGR Access Optimal Data & Maintenance Lampung Menugaskan kepada Sdr Ariyanto dan kawan-kawan untuk peningkatan progress perkerjaan dan penambahan jaringan PT. Telkom Indonesia yang mencakupi di wilayah Kampung atau Desa di antaranya, Pidada, Wono Agung, Bandar Anom dan Panggung Jaya.

Sangat jelas Sdr Ariyanto terindikasi mencari pelindung dalam pekerjaan ini. Seharusnya Ia menghubungi Bapak Jonggi Seregar sebagai atasan yang menugaskannya untuk klarifikasi persoalan ini. Bukannya mengadukan Kami dari media kepada oknum anggota sabara polres tulang bawang yang mengatas namakan masih saudara dari Juanda. Dalam pengerjaan ini, Kami Media (team) tidak mengetahui jabatan atau ditugaskan sebagai apa Juanda tersebut. Hal ini, masih menjadi misteri bagi kami media.

Team media berharapa kepada Aparat Penegak Hukum (APH) atau instansi yang terkait agar dapat melakukan crosscheck pada pengerjaan pemasangan tiang dan kabel PT. Telkom tersebut.(Tim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.