by

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Dalam Dua Hari Kunjungan Kerja ke Kabupaten Tulangbawang

-ADVERTORIAL-102 views

TULANGBAWANG,FORRAKYAT.CO.ID — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tulangbawang, sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran Forkopimda, pejabat struktural/ fungsional, camat, kepala tiyuh, dan tokoh masyarakat Kabupaten Tulangbawang, di GSG Gunung Sakti, Kabupaten Tulangbawang, Selasa (14/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Arinal menyampaikan dua agenda penting terkait pembangunan Lampung.

Pertama, Arinal mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung cukup tinggi bersifat inklusif, karena berpengaruh langsung kepada penurunan angka kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran, dan penurunan gini rasio.

Pertumbuhan ekonomi Lampung sudah kembali positif pada 2021. Bahkan, pada triwulan II-2022 ekonomi kita mampu tumbuh sebesar 9,12% (q-to-q) yang merupakan pertumbuhan ekonomi triwulanan tertinggi di Indonesia.

Pada triwulan II tahun 2023 ini, kalau dibanding triwulan I-2023 (q-to-q) ekonomi kita juga terus mengalami pertumbuhan  yang  cukup  tinggi  sebesar 8,15%.

“Kabupaten Tulangbawang menyumbang capaian-capaian positif bagi Provinsi Lampung. Kinerja baik ditunjukkan dalam penurunan kemiskinan, yang tercatat sebesar 8,04% di tahun 2023, dan secara konsisten terus menurun dari tahun 2021 hingga 2023. Kemiskinan ekstrem Kabupaten Tulangbawang juga memiliki kinerja yang baik, tercatat sebesar 1.16%, berada di posisi 5 terendah di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Kemudian, angka stunting tahun 2019 Provinsi Lampung tercatat sebesar 26,26 persen dan semakin menurun menjadi 15,2 persen ditahun 2022. Provinsi Lampung masuk dalam kategori tiga besar Provinsi di Indonesia, dengan prevalensi stunting terendah secara nasional.

“Hal di atas diikuti pula prevalensi penurunan stunting Kabupaten Tulangbawang tahun 2022 tercatat sebesar 10,2%, peringkat ketiga terendah dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Kinerja baik tersebut, menyumbang capaian Provinsi Lampung menjadi terbaik ketiga Nasional dalam Penurunan Stunting Nasional tahun 2022,” ujar Arinal.

Dalam mendukung akses Perekonomian di kabupaten Tulangbawang, Arinal menjelaskan bahwa Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan Pembangunan dan pemeliharaan di beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi yaitu Pemeliharaan jalan Ruas Bujung Tenuk – Penumangan; Pembangunan Ruas Sp. Unit VIII  Gedong Aji; Pembangunan Ruas Gedong Aji  Umbul Mesir.

Kemudian, Pembangunan jembatan non status Way hulu; dan Rehabilitasi lima jembatan dikabupaten Tulangbawang.

Agenda kedua, Arinal mengajak agar semua pihak dapat menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan pilkada serentak 2024.

Pada bagian lain, Gubernur menegaskan bahwa untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Tiyuh.

“Mari kita lakukan evaluasi terhadap peningkatan kapasitas pemerintahan melalui reformasi birokrasi dan transformasi digital dengan pemanfaatan teknologi informasi (e-KPB) dan peningkatan kapasitas kelembagaan ASN. Koordinasi, sinergi, partisipasi serta kontribusi antar jenjang pemerintahan, menjadi kunci keberhasilan kita bersama,” ujar Arinal.

Di sisi tata kelola pemerintahan, Arinal menginginkan sudah adanya perubahan  pelayanan kepada publik secara cepat.

“Inovasi yang sudah dibangun dan diwujudkan dapat    memberikan pengaruh kinerja  organisasinya dengan baik. Pemimpin harus mampu bersaing dan membangun kompetensi, integritas dan loyalitas serta mampu mengevaluasi implementasi dan membuat penyesuaian secara strategis, serta menjadi komunikator yang efektif,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Lampung di Kabupaten Tulangbawang.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dan masyarakat Tulangbawang mengucapkan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur Lampung yang telah datang hadir langsung ke Tulangbawang,” ujarnya.

SERAHKAN BANSOS

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan sosial (bansos) berupa sembako dan dua kursi roda untuk masyarakat Talang Tembesu, Kelurahan Ujunggunung, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, Selasa (14/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut Arinal berdialog langsung dengan masyarakat penerima bantuan dan berharap bantuan sosial ini mampu meringankan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Arinal berkomitmen untuk merealisasikan visi dan misi Rakyat Lampung Berjaya, salah satunya adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari golongan ekonomi tidak mampu dan kaum disabilitas.

Sementara itu, dengan rasa haru dan senang, Ibu Rosa selaku orang tua penerima bantuan alat bantu jalan berupa kursi roda menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas bantuan yang diterima.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur Arinal, kursi roda ini sangat bermanfaat bagi anak saya,” ujarnya. (adv/kmf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.