by

IWO Mesuji Adakan Pelatihan Jurnalistik Dasar bagi Pelajar SMKN 1 Tanjung Raya

-PENDIDIKAN-338 views

Mesuji,ForRakyat,co.id-Pengurus Daerah, Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Mesuji adakan Pelatihan Jurnalistik Dasar bagi Pelajar di SMKN 1 Tanjung Raya. Acara pelatihan Di gelar di Aula Gedung SMKN 1 Tanjung Raya Desa muara tenang timur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Lampung,Rabu 8/6/2022).

Pelatihan yang bertajuk Goes to School tersebut mengusung Tema “Melalui Pelatihan Jurnalistik Kita Bangkitkan Semangat Kreativitas Menulis Menuju Pelajar Mesuji yang Cerdas dan Terampil” .

Suryadi selaku Ketua IWO Mesuji mengatakan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut dalam rangka membantu program program positif pemerintah di dunia pendidikan untuk mendukung kreativitas para pelajar .

Kegiatan tersebut sekaligus untuk mengenalkan dasar dasar jurnalistik kepada para siswa dan siswi di SMKN 1 Tanjung Raya
“Ada beberapa materi yang kami sampaikan untuk mendukung kreativitas menulis bagi para pelajar diantaranya adalah terkait teknik-teknik cara menulis berita yang memuat unsur 5W 1H,” Kata Suryadi

Ia juga menjelaskan bahwa selain memberikan materi secara langsung kepada puluhan siswa dan siswi dirinya pun memberikan edukasi bagaimana cara memahami produk-produk jurnalistik yang disampaikan melalui pemberitaan serta menjelaskan perbedaan antara media dan media sosial.

“Kita juga memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMKN 1 Tanjung Raya agar dapat membedakan produk jurnalistik dengan produk-produk tulisan lainnya di media sosial, sehingga dapat lebih bijak saat menggunakan media sosial,” jelasnya.

Dari pelaksanaan pelatihan jurnalistik bertajuk Goes to school yang dilakukan oleh organisasi IWO Mesuji, nampak antusias siswa siswi cukup tinggi, terlihat dari kehadiran dan banyaknya pertanyaan yang di sampaikan oleh siswa maupun siswi.

Peserta dari pelajar SMKN 1 Tanjung Raya tampak senang mengikuti pelatihan ini. Salah satunya Lia Anggraeni jelas X jurusan Akuntansi, Lia mengaku senang dengan acara pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh IWO Mesuji “Lewat pelatihan ini, saya menjadi tahu teknik menulis suatu berita dengan baik dan benar,” ujarnya.

Demikian pula dengan Robi Wahyudi kelas X jurusan Akuntansi, Menurutnya dengan adanya pelatihan ini dia mendapat pengetahuan tentang jurnalistik serta cara kerjanya “Saya sangat senang mengikuti pelatihan jurnalistik ini Selain tahu tentang tulis menulis kami juga jadi tahu fungsi dan peran wartawan,” kata Robi

Kepala SMKN 1 Tanjung Raya Suryadi SPd menyambut hangat kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh IWO Mesuji, Iapun berharap Melalui pelatihan ini peserta memperoleh pengetahuan di bidang jurnalistik .
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh teman teman IWO Mesuji dan Semoga kegiatan ini juga bisa meningkatkan semangat kreativitas anak-anak untuk menulis,” harapnya(Tim/Has)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.