by

KPU Beri Kesempatan Parpol Ganti Bacaleg Saat Masa Pencermatan (DCS)

-POLITIK-158 views

ForRakyat.co.id, Tanggamus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan Kesempatan Partai Politik Untuk melakukan Pergantian atau perbaikan bakal calon anggota legislatif ( bacaleg). Pergantian bacaleg itu bisa dilakukan saat masa pencermatan rencana daftar calon untuk sementara (DCS).

Di masa pencermatan untuk daftar calon sementara atau DCS, kami berikan kesempatan kepada partai politik untuk melakukan penggantian bakal calon anggota legislatif kata Komisioner KPU Za’imna Selasa (kamis/7/2023).

Za’imna menentukan di masa masukan dan tanggapan masyarakat serta DCT pun parpol masih dapat mengganti bacalegnya. Namun kata Za’imna hal itu dapat di lakukan dengan persetujuan dari pimpinan parpol.

“Di masa pencermatan DCT, daftar calon tetap pun masih memungkinkan pergantian calon anggota legislatif, asal mendapat persetujuan pimpinan parpol tingkat nasional,” Jelasnya

Ia juga mengukapkan, DCT sendiri akan di selenggarakan pada tanggal 30 September yang akan datang.

Nanti untuk melakukan pegantian bacaleg ini akan dilakukan sebelum Melaksanakan DCT (Jelasnya)

Sebelum untuk di tetapkan DCT Juga para pacaleg harus untuk menentukan dapil Jika masih terdapat pemilih ganda dari para bacaleg tersebut.

Hal ini juga termasuk misalkan ada nya pemilih ganda atau memiliki partai ganda, jadi mereka nanti di haruskan memilih salah satu dari itu ungkapnya.

Sebelumnya pihak KPU tanggamus saat tengah untuk melakukan verifikasi berkas untuk administrasi para pacaleg.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10 juni 2023 lalu akan selesai pada 31 juli 2023.

DSC ini akan di umumkan pada seluruh partai politik peserta para pemilu yang ada di tanggamus, lampung. Setelah DCS itu di umumkan kepada pihak KPU yang ada di tanggamus lampung untuk melakukan sebagai tahapan serta tanggapan masyarakat.

Za’imna juga untuk menjelaskan tanggapan
kepada masyarakat ini
untuk memastikan kembali keabsahan seperti dokumen yang telah di masukkan ke aplikasi.

Sebelumnya , yang sudah terdapat 13 partai Politik (Parpol) yang telah mengajukan serta untuk perbaiki berkas para Bacaleg di KPU kabupaten tanggamus.

Selain itu juga Edi Berdiansyah sebagai komisioner KPU yang di Tanggamus menjelaskan terdiri ada tiga parpol yang belum untuk mengajukan perbaikan Bacalegnya.

Ia juga mengatakan pada saat ini ada tiga parpol lainnya masih mengunakan berkas yang sama pada saat untuk mendaftarkan Bacalegnya.

Edi mengungkapkan untuk parpol yang belum melakukan perbaikan ini memang terdapat syarat yang belum di penuhi.

Sehingga para parpol tersebut untuk melakukan perbaiki berkas di kirim oleh pihak parpol yang sudah memenuhi syarat tersebut.

Edi juga menerangkan buat parpol terakhir sudah di perbaikan oleh KPU tanggamus lampung yaitu oleh parpol PSI. (Bowo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.