by

Rudiono Buka Langsung Kegiatan PKB Tahap III Desa Sidang Way Puji

ForRakyat.co.id, Mesuji —Kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) Tahap IIl Tahun 2023 di adakan di Desa Sidang Way Puji Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji. Pada hari Kamis (25/08/23).

PKB merupakan pelayanan yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (TPKB) dalam rangka meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 90 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan Terpencil. Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kawasan terpencil dan sangat terpencil dilakukan melalui berbagai pendekatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan karakteristik masing-masing daerah dan kebutuhan masyarakat setempat.

PKB dilakukan sesuai standar yaitu minimal empat kali pada tahun berjalan guna menjamin kontinuitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Pelayanan kesehatan bergerak dapat mendukung pencapaian standar pelayanan minimal sehingga seluruh masyarakat sasaran dapat memperoleh pelayanan dasar sesuai yang diamanahkan dalam undang-undang.

Kegiatan PKB Tahap IIl di Desa Sidang Way Puji tersebut, memiliki tujuan utama yakni sebagai upaya terselenggaranya upaya kesehatan yang tercapai (accessible), terjangkau (affordable) dan berkualitas (quality) untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Rudiono dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan beserta tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) Provinsi, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam ,dokter umum RSUD-RCM Kabupaten Mesuji , Kepala Desa, aparatur serta Masyarakat Desa Sidang Way Puji.

Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pengobatan massal oleh dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum, pelayanan KB, pemeriksaan gigi, pemeriksaan ibu hamil, pelayanan USG dan pemberian obat-obatan semuanya secara geratis kepada masyarakat yang hadir.(Pub/Has)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.