by

Forum Pelajar Kabupaten Tulang Bawang Gelar Edukasi : “Sampahku Tangung Jawabku” di Wisata Cakat Nyenyek

-PENDIDIKAN-29 views

TUBA,FORRAYAT.CO.ID– Forum Pelajar Kabupaten Tulang Bawang menggelar kegiatan edukasi mengenai pengolahan sampah dan gotong royong bersih-bersih sampah di Wisata Cakat Nyenyek Tulang Bawang pada hari Minggu, 14 Januari 2024. Acara ini diikuti oleh 20 orang pelajar dari berbagai sekolah di kabupaten tersebut, didampingi oleh Zahra Duta Generasi Hijau 2023, dua mahasiswa dari Lampung, dan beberapa pelajar lainnya yang turut hadir di lokasi.

Kegiatan Pematerian mengenai pengolahan sampah dilaksanakan di Tangga Raja, sementara gotong royong dilakukan di area wisata Cakat Nyenyek. Tema yang diusung adalah “Sampahku Tangung Jawabku,” dengan tujuan agar pelajar dan masyarakat dapat memahami pentingnya pengolahan sampah serta menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mendapat dukungan luar biasa dari ibu-ibu yang berada di Wisata Cakat Nyenyek. Mereka dengan antusias memberikan semangat kepada para pelajar. salah satu bapak yang bertanggung jawab di wisata itu menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Forum Pelajar Lampung atas kegiatan yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat tersebut.

Meskipun kegiatan berjalan lancar, beberapa pelajar memberikan kritikan dan masukan. Salah satu pelajar menyatakan, “Alhamdulillah sampahnya sudah gak banyak, sudah banyak kotak sampah juga diberbagai titik. Gak kaya waktu tahun baru dan sebelum tahun baru saya datang banyak banget sampah dan kotak sampahnya sedikit. Mungkin tinggal menambah papan nasihat yang kekinian sih biar menumbukan rasa sadar.” Tanggapan lain datang dari pelajar lain yang mengatakan, “Tapi masih ada sampahnya, gak enak dilihat padahal tempat wisatanya sudah bagus. Masih kurang kesadaran untuk membuang sampah sendiri.”

Selain kritik terkait sampah, beberapa pelajar juga menyarankan penambahan papan penjelasan untuk meningkatkan pemahaman. Salah satu pelajar menyampaikan, “Bagus ya wisata cakat nyenyek, apa ya cerita di balik ini semua? Penasaran. Mungkin bisa ada papan penjelasan gak sih untuk menambah wawasan.”

Harapannya kegiatan ini dapat menjadi tonggak awal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan, serta memberikan inspirasi positif bagi pelajar untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Para pelajar yang hadir juga menyampaikan harapan dan ucapan terimakasihnya karena sudah membangun dan mempercantik wisata cakat nyenyek ini. sehingga kedepannya bisa lebih di jaga dan di kembangkan lagi.(Yeni)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.