by

Sulpakar Sambut Kedatangan Tim III Safari Ramadhan 1445 H Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji

-KABAR AKTUAL-27 views

Mesuji,ForRakyat.co.id- Penjabat Bupati Mesuji Dr. Drs. Sulpakar, M.M. menghadiri kegiatan Safari Ramadhan 1445 H Provinsi Lampung di Masjid Agung Darussalam, Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Jumat (15/03/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, S.H., S.IK., M.Si. selaku Ketua Rombongan Tim III Safari Ramadan Provinsi Lampung, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (P) Dwi Atmojo, Asisten Bidang Administrasi Umum Provinsi Lampung Dr. H. Senen Mustakim S.Sos., M.Si, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung Drs. Intizam, Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, Ustadz H. Mirza Pahlevi, S.Ag.,M.Ag, Para Pejabat Pemerintah Provinsi Lampung yang tergabung dalam Tim III Safari Ramadan, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Hj. Elfianah, S.E. dan Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto, S.H.,S.IK.,CPHR, Dandim 0426 TUBA Letkol Kav. Delvy Marico, S.E.,M.IP, Kepala Kejaksaan Negeri Mesuji Azi Tyawardhana, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Agama Mesuji M. Andri Irawan, S.Hi., M.H, Ketua TP-PKK Kabupaten Mesuji, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Mesuji, Staf ahli, Asisten, serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji, Ketua MUI Kabupaten Mesuji, Camat se-Kabupaten Mesuji, Kepala Desa se-Kecamatan Simpang Pematang, Alim Ulama, Pimpinan Ormas Islam, dan Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Mesuji, Rekan Pers serta tamu undangan.

Dalam rangka menyemarakkan syiar Islam di Bulan suci Ramadhan dan meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Mesuji juga telah membentuk tim Safari Ramadhan Kabupaten Mesuji yang melaksanakan agenda Safari Ramadhan pada tujuh kecamatan di Kabupaten Mesuji.

Pada pelaksanaan Safari Ramadan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Mesuji membentuk 2 (dua) tim Safari Ramadhan, yakni Tim I Safari Ramadhan yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Mesuji dan Tim II dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji.

Selain di tingkat kabupaten, pada tingkat kecamatan, camat bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan melaksanakan kegiatan Safari Ramadan ke desa-desa, dan di tingkat desa, kepala desa melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di desanya masing-masing.

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada segenap Rombongan Tim III Safari Ramadhan Provinsi Lampung atas kehadirannya di Kabupaten Mesuji “Bumi Ragab Begawe Caram”, dan Ia juga berharap kunjungan kali ini meninggalkan kesan baik bagi rombongan selama berada di Kabupaten Mesuji.

Sulpakar berharap melalui kegiatan Safari Ramadhan dapat lebih mempererat silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Pemerintah Kabupaten Mesuji.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana yang baik untuk mensosialisasikan rencana pembangunan, menampung, serta menyerap aspirasi masyarakat. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan Kabupaten Mesuji dapat menjadi prioritas dalam program pembangunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung kedepan,” ucap Sulpakar.

Perihal makna ibadah, Ia mengutip Al-Quran Surah Al Baqarah ayat 183 yang menyiratkan pesan bahwa berpuasa guna menjadikan diri sebagai insan yang bertakwa kepada Allah, dengan berupaya menjalankan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Lebih lanjut Sulpakar juga melaporkan mengenai penanganan dampak inflasi pangan di Kabupaten Mesuji, khususnya pada komoditi beras yang harganya terus mengalami peningkatan, sehingga dibutuhkan langkah konkret oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji guna membantu masyarakat yang terdampak permasalahan tersebut. Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Ketahanan Pangan memiliki stok Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sebanyak 90,35 ton dan akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak terutama masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah dengan target sasaran sebanyak 9.035 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan masing-masing mendapat beras medium sebanyak 10 kg.

Sampai saat ini 8 CPPD tersebut telah dibagikan kepada 666 KPM, sehingga masih tersisa sebanyak 8.369 KPM yang akan segera dibagikan ke seluruh desa di Kabupaten Mesuji dan pada Desa Mulya Agung mendapatkan alokasi sebanyak 106 KPM.

Pemerintah Kabupaten Mesuji juga telah melaksanakan Operasi Pasar/Pasar Murah, untuk menjaga dan memastikan ketersediaan bahan pokok, serta melakukan kontrol langsung turun ke pasar bersama dengan Forkopimda.

“Sekali lagi Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi Tim III Safari Ramadhan Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji. Kami mohon maaf apabila dalam penyambutan masih terdapat kekurangan, hal tersebut semata-mata karena keterbatasan yang Kami miliki,” tutupnya.(Has)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.