by

Polres Tulang Bawang Gerak Cepat Lakukan Kegiatan Kemanusiaan di Dua Lokasi Terdampak Angin Puting Beliung

-PERISTIWA-42 views

Tulangbawang,ForRakyat.co.id–Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, bersama stakeholder menggelar kegiatan kemanusiaan pasca terjadinya bencana alam angin puting beliung di dua lokasi berbeda yakni di Dusun Pasir Sari, Kampung Pasiran Jaya, Kecamatan Dente Teladas, dan Kampung Gedung Karya Jitu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang, pada Sabtu (16/03/2024) sore.

Akibat bencana alam tersebut sebanyak 28 rumah di Dusun Pasir Sari, Kampung Pasiran Jaya, mengalami kerusakan baik ringan maupun sedang terutama dibagian atap rumah, sedangkan di Kampung Gedung Karya Jitu sebanyak 17 rumah yang terdampak, serta ada beberapa kendaraan yang tertimpa bangunan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Setelah mendapatkan laporan adanya peristiwa bencana alam angin puting beliung yang terjadi di dua lokasi, petugas kami langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulang Bawang dan bergerak cepat menuju ke lokasi guna melakukan kegiatan kemanusiaan,” kata Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, Minggu (17/03/2024).

Lanjutnya, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh petugas kami yakni bersama dengan stakeholder membantu warga yang terdampak dengan cara membersihkan dan memperbaiki bagian atap rumah yang rusak akibat bencana alam angin puting beliung, menggelar bakti kesehatan berupa pengobatan gratis dan pemberian trauma healing kepada anak-anak, serta pembagian paket sembako.

“Untuk pengobatan gratis diikuti oleh sebanyak 45 orang warga, trauma healing diikuti oleh 10 orang anak-anak, serta sebanyak 57 paket sembako yang kami bagikan yakni 30 paket sembako untuk warga di Kampung Gedung Karya Jitu, dan 27 paket sembako untuk warga di Dusun Pasir Sari, Kampung Pasiran Jaya,” papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Kapolres menerangkan, dalam kegiatan kemanusiaan pasca terjadinya bencana alam angin puting beliung di dua lokasi yang berbeda ini, juga dibagikan atap rumah berupa asbes secara gratis kepada warga yang terdampak.

“Sebanyak 620 lembar asbes yang dibagikan untuk warga yang rumahnya terdampak bencana alam angin puting beliung, dengan rincian 300 lembar asbes untuk warga di Kampung Gedung Karya Jitu, dan 320 lembar asbes untuk warga di Dusun Pasir Sari, Kampung Pasiran Jaya,” terang perwira dengan melati dua dipundaknya.

Kapolres menambahkan, kegiatan yang kami lakukan ini merupakan implementasi dari Program Kapolri yakni Beyond Trust yang berarti melebihi harapan dari masyarakat, sehingga warga benar-benar merasa terbantu dengan kehadiran Polri di lokasi bencana.

“Ada enam tips yang bisa dilakukan oleh warga saat terjadinya bencana alam angin puting beliung yakni pertama, membawa masuk barang yang ada diluar rumah sehingga tidak tersapu angin, kedua, masuk ke dalam rumah serta mengunci semua pintu dan jendela, ketiga, matikan semua aliran listrik untuk mencegah korsleting yang dapat memicu kebakaran, keempat, mencari tempat perlindungan yang terdekat dan aman, kelima, bila sedang berada di luar, hindari tiang listrik, papan reklame, pohon, bangunan tinggi, jembatan, jalan layang karena dapat roboh ketika dihantam angin, dan keenam, hati-hati terhadap benda yang diterbangkan angin karena dapat menyebabkan cidera atau luka serius,” imbuh AKBP James. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.